Jumat, 19 Juni 2009

tugas artikel pllb, observasi takisung, damit dan takisung

KEADAAN PANTAI TAKISUNG


Pada hari senin, tanggal 8 juni 2009, mahasiswa kimia fakultas MIPA mengadakan observasi ke pantai takisung. Pantai takisung terletak di pesisir selatan provinsi Kalimantan Selatan, sebuah wilayah yang merupakan batas antara ekosistem laut dan daratan. Daerah Pantai di Propinsi Kalimantan Selatan khususnya di kecamatan Takisung merupakan kawasan pariwisata, pemukiman dan juga tambak bahkan sebagai kegiatan administratif pemerintahan. Beberapa usaha untuk menanggulangi erosi dan mundurnya garis pantai telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait, diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan pengisian pantai (beach fill) pada pantai Takisung dan . Salah satunya yaitu dengan membangun siring dan melakukan penanaman hutan bakau, walaupun sebenarnya cara ini kurang efektif karena lama dalam hal pertumbuhan hutan bakau tersebut. Tetapi pada kenyataannya pantai tersebut masih terjadi erosi dan terjadi mundurnya garis pantai disekitar pantai pasir buatan. peran masyarakat dan pemerintah sangat diharapkan dalam menjaga kelestarian pantai Takisung. Selain itu, dipantai Takisung juga terjadi abrasi dimana terjadi fluktasi air setiap tahunnya. Hal ini jika dibiarkan berkelanjutan akan menyebabkan abrasi yang meluas. Oleh karena itu sebaiknya penduduk dan pemerintah melakukan upaya untuk mengurangi kejadian ini.

Penelitian dan identifikasi kerusakan secara rinci terhadap terjadinya fenomena alami tersebut diperlukan untuk menghindari meningkatnya tingkat kerusakan pantai yang lebih parah. Observasi yang kami lakukan didaerah pantai takisung terdiri dari dua yaitu, mengamati keadaan air laut dan observasi langsung terhadap penduduk masyarakat disekitar wilayah tersebut. Pada pengamatan terhadap keadaan pantai digunakan alat – alat yang dapat membantu yaitu, Untuk kecerahan air yang diperoleh dari observasi dengan keping saci adalah 32 cm dan pHnya 9 serta hasil untuk kecepatan arusnya yang didapatkan dengan menggunakan floumeter selama 3 menit adalah 1927,kecerahan perairan tersebut dapat dipengaruhi oleh koloid dan partikel halus yang tersuspensi, sedangkan lumpur yang banyak terdapat di dasar laut maupun pesisir pantai menyebabkan air berwarna coklat, karena warna kekeruhan yang sangat berlebih ini menandakan kalau air takisung sudah terkontaminasi dengan zat-zat yang sulit untuk penjernihannya sehingga tercemar. Suhu pada air adalah 290c alat yang digunakan adalah thermometer yang didiamkan sebentar kedalam air kemudian diangkat dan diketahui suhunya, Apa bila suhu air tinggi maka, Peningkatan suhu mengakibatkan peningkatan viskositas, reaksi kimia, evaporasi, dan volatilisasi. Peningkatan suhu juga menyebabkan penurunan kelarutan gas dalam air, misalnya gas O2, CO2, N2 dan CH4, respirasi organisme, dan selanjutnya mengakibatkan peningkatan konsumsi oksigen. Dimana salinitas di daerah Takisung tersebut kurang lebih mencapai 30%. Efek salinitas berpengaruh terhadap kesehatan manusia, tanaman dan tanah. salinitas merupakan larutan garam yang terkandung dalam air/fluida yang dapat mempengaruhi kualitas air. Air dengan larutan garam yang tinggi akan tidak baik untuk sistem irigasi ataupun kebutuhan air bersih masyarakat. Namun, untuk sejumlah garam didalam air ada angka-angka yang masih dapat dijalan untuk berbagai macam keperluan. Salinitas pantai memiliki nilai yang sama yaitu 35 %, hal itu terjadi yang terukur masih berada dalam kisaran salinitas optimum bagi  pertumbuhanorganisme laut yaitu 32-36% . Salinitas menggambarkan kandungan konsentrasi total ion yang terdapat pada perairan baik organik maupun anorganik. Adanya kandungan ion yang banyak akan meningkatkan kemampuan perairantersebut dalam menghantarkan listrik sehingga biasanya akan diikuti dengan tingginya DHL.

Observasi sosial terhadap penduduk setempat mata pencaharian mereka yang paling dominan adalah nelayan tapi hal yang menjadi kendala mereka adalah ketika angin dan cuaca yang sering tidak bersahabat, ikan yang mereka peroleh ada yang dijual dan juga yang mengasinkannya dijual dengan harga 3000 per kg selain itu mereka juga ada bertani di persawahan yang tadah hujan. Air minum didaeah ini sangat lah sulit untuk mendapatkan air minum harus membeli tapi sekarang tidak terdapat lagi mobil PDAM yang masuk.setelah di identifikasi ternyata banyak tedapat kerusakan dan pencemaran di pantai takisung antara lain, air pantainya yang kotor karena terkontaminasi dengan zat-zat seperti logam berat sehingga banyak ikan yang mati, hal ini juga karena penduduk yang membuang sampahnya kelaut.


DAMIT

Damit merupakan suatu bendungan dimana sebagai tempat berkumpulnyaair dari anak sungai kecil dan air hujan. Damit terletak di daerah berupa dataran tinggi di salah satu sudut rangkaian pegunungan Meratus, juga merupakan deerah tangkapan air yang sangat penting yang terletak dikawasan selatan pulau kalimantan. Air yang di tamping di sini merupakan air yang berasal dari pegunungan, anak sungai kecil dan dari serapan air hujan yang melewati gunung. Air dibendungan ini digunakan para penduduk sekitar untuk keperluan sehari-hari seperti pertanian dan membudidayakan ikan-ikan, berkebun dan aktifitas lainnya. Kawasan tangkapan air berupa damit ini telah menjadi wahana yang sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. siklus Hidrologi yang terjadi di bendungan Damit yaitu proses evaporasi yang merupakan proses penguapan air ke atmosfer dari tubuh-tubuh air yang ada di bumi baik dari laut, sungai atau anak sungai kecil dan dari danau. Kemudian dilanjutkan dengan evapotranspirasi yang merupakan gabungan dari proses penguapan air yang terkandung di tanah dan proses terakhirnya adalah presipitasi (hujan) yang merupakan proses mengembalikan air tersebut dari atmosfer ke bendungan Damit. tingkat keasaman normal yaitu mendekati basa, sementara itu harga pH tanahnya 6,5 dan kelembabannya 51% menggunakan lat berupa soilterster. Untuk suhu air dan pHnya yang berada di dangkal adalah 25 C dengan pH 8 dan yang berada di dalam adalah 28,50C dengan pH 9, menggtumbuhan yang dominan tumbuh dipermukaan air dalah teratai dan didalamnya terdapat ikan ikan kecil, dan pada saat menginjak tanahnya terdapat gelembung- gelembung.Jika damit di kelola dengan baik maka dapat di gunakan secara maksimal dan tidak tercemar, tetapi karena aktifitas masyarakat maka air damit sekarang berwarna hijau lumut ( hal ini kemungkinan air damit terkontaminasi oleh bakteri). Dan juga ekosistem di sekitar damit perlu juga dijaga karena akan mempengaruhi air damit sendiri. Upaya yang dilakukan untuk kawasan ini dengan menjaga daerah sekitar air agar debitnya dapat berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar